Kamis, 02 Februari 2017

Cara Membeli Kosmetik Korea & Rekomendasiku

Sebenarnya sudah banyak online shop Indonesia yang menjual kosmetik Korea, baik produk ready stock atau pun mesti pre-order dulu. Tapi memang produk yang dijual biasanya hanya brand-brand yang terkenal di Indonesia, seperti Etude House, Face Shop, Tony Moly, dll, padahal mungkin kita pengen nyoba produk dari brand lain kaya Aritaum, Mamonde, Scinic, Mizon, dll. Solusinya adalah belanja di online shop luar negeri.

Mari kita bahas satu-satu, yaitu belanja di online shop dalam negeri dan belanja di online shop luar negeri.

1. Belanja melalui online shop lokal
Cukup banyak online shop yang menyediakan produk-produk kecantikan dari Korea, ada yang melalui website, ada yang melalui Facebook, ada yang melalui Instagram. Ada juga yang menyediakan produk ready stock untuk barang yang sering dicari, tapi kalau mau pesen barang lain dipersilakan mengikuti sistem pre-order dengan membayar full atau deposit dulu dan sabar menunggu selama 1-5 minggu.

 Berikut list online shop lokal favorit aku:

1. Little Dots Shop



Ini online shop favorit aku, udah sejak lama aku suka belanja di sana, sebelum jadi blogger juga. Harganya bener-bener reasonable, mirip sama harga asli di Korea sono, ada yang ready, banyakan tapi yang pre-order.
Brand-brand yang disediakan ada Etude House, Skin Food, Laneige, Face Shop, Missha, Baviphat, Nature Republic, Innisfree, Holika Holika, Tony Moly, Lioele, Too Cool For School, It's Skin, The Saem, 3 Concept Eyes, Peripera, dan Clio.

2. Etude Recipe



Udah pada tau kan ya klo Etude Recipe? Hehehhee.. Aku kadang suka belanja di doi kalau lagi butuh cepet barangnya, cuma 1 minggu nunggunya. :D
Mungkin harga agak mahal dibanding kompetitor tapi terbayarkan dengan waktu menunggu yang ga lama. Ownernya juga ramah banget.
Brand-brand yang disediakan adalah Etude House dan 3 Concept Eyes.

3. Chic-princessa



Kalau lagi butuh barang ready stock, aku biasa ke website ini. Harganya lumayan oke, produk yang dijual juga bukan dari Korea aja, tapi juga ada dari Jepang, US, dan Taiwan.
Untuk brand bisa cek langsung di websitenya.


2. Belanja melalui online shop internasional
Kalau kalian menginginkan brand-brand Korea yang belum terlalu terkenal di Indonesia, seperti Aritaum, Mamonde, Espoir, Mizon, Scinic, A'Pieu, dll, kalian bisa beli dari website luar.

Berikut list beberapa online shop internasional yang sudah pernah aku coba:

1. TesterKorea


Ini adalah website favorit aku untuk berbelanja. Kenapa?
- Dulu harganya sama dengan harga di store Korea. Sejak tahun 2015, bahkan harganya lebih murah 30% dari harga normal di store Korea! Gimana ga kalap tiap belanja di sana? Hiks T.T
- Pengiriman bisa menggunakan beberapa pilihan. Biasa aku pilih yang Registered Air Mail. Nah, harga barangnya kan uda lebih murah tuh, jadi aku rasa ga ada salahnya bayar biaya pengiriman yang masih reasonable sesuai berat barang.
- Kalau ada barang yang kamu mau, tapi ga bisa menemukannya di website mereka, kamu bisa request dan ntar kalau udah ada, barang itu bisa kamu pesen. Menurutku fitur ini berguna banget karena mereka bisa saja terlambat update produk baru atau ada produk brand tertentu yang ga mereka masukin. Nah dengan kita request kan jadinya tetep bisa beli di sana.
Pembayaran bisa menggunakan Eximbay, Paypal, dan transfer bank. Eximbay itu merupakan pembayaran melalui kartu kredit seperti biasa. Kalau transfer bank aku ga pernah coba jadi kurang tau gimana prosesnya.

2. Honest Skin




Baru-baru ini Honestskin mengubah kebijakan tokonya menjadi free standard shipping. Tapi ada yang bilang sih harganya dimark-up sedikit. Yang aku suka dari Honestskin itu adalah kadang suka ada diskon lumayan gede, kaya tahun lalu 3 Concept Eyes diskon 30%. Itu sesuatu banget lho hahhaa.. Semoga lain kali bakal ada diskon 3CE lagi. :p

3. Wishtrend





Nah, Wishtrend agak berbeda dengan ol shop lainnya yang uda kusebut di atas. Brand yang dijual biasanya brand yang namanya kurang kedengaran di Indo, kaya Elisha Coy, Klairs, Skin & Lab, OST, dll.
Pembayaran menggunakan Paypal dan Credit Card.
Bisa dapat free shipping kalau order di atas $69 tapi biasanya mereka menawarkan beberapa produk juga yang free shipping.

FAQ lain selain cara bayar dan shipping:

a. Ada bea cukai atau biaya yang mesti dibayar ga buat ngambil paketnya?
- Kalau pengirimannya menggunakan EMS, Fedex, atau UPS, hampir 90% pasti kena pajak. Padahal kalau baca di peraturan pajak sih, katanya barang di bawah nilai US$50 ga kena pajak, tapi ujung-ujungnya tetap aja kena. Aku pengen tanya atas dasar apa dikenain pajaknya segitu, juga ga tau mau nanya ke siapa. Pilihannya jadi cuma bayar atau engga. :|

- Kalau pengirimannya menggunakan standard shipping dan tidak ada masalah, biasanya cuma bayar biaya bungkus ga nyampe Rp10rb. Tapi belakangan bahkan standard shipping mulai bermasalah juga.

- Masalah yang dihadapi selain bayar bea cukai yang ga jelas perhitungan nya dari mana adalah katanya BPOM ga mengeluarkan izin lagi bagi orang pribadi untuk impor kosmetik. Menurutku ini masalahnya lebih berat dari bayar pajak cukai sih. Karena kalau kaya gitu, kita uda ga bisa bilang apa-apa lagi. Akhirnya aku cuma minta paketnya dikembalikan ke pengirim setelah mengisi formulir retur, dan sekarang juga ga jelas keberadaan paketku, entah udah balik ke pengirim atau masih ketahan di bea cukai. -____-

Kalau curhat bisa ga selesai-selesai sih post ini hahaha.. Intinya adalah buy with your own risk. Aku ga bisa menyarankan apa-apa karena paketku juga kadang bermasalah. Tapi aku tetep aja gatal suka pesen dari luar negeri karena banyak produk yang pengen aku coba dan ga bisa dapetin di sini. >.<

Kadang suka merasa sedih sih kesempatan untuk bekerjasama dengan pihak sponsor luar negeri jadi terhambat dan stop karena masalah pajak dan BPOM yang ga jelas ini. Ya maksudku juga kita ngimpornya kan dalam jumlah kecil untuk dipakai sendiri, bukan yang puluhan atau ratusan buah untuk dijual, so what's the problem? Semoga ke depannya peraturan soal impor kosmetik dan cara menentukan bea cukainya bisa lebih jelas, transparan, dan konsisten lagi ya.

b. Paketnya diantar sampai rumah atau mesti ngambil ke kantor pos?
Biasa diantar ke rumah kok. Kalau ada biaya yang mesti dibayar dan dalam jumlah besar juga biasa invoicenya dianterin dulu ke rumah baru bisa bayar langsung saat itu juga atau bayar di kantor bea cukai.

c. Biasa paketnya sampai dalam waktu berapa lama?
Ga tentu. Untuk yang standard shipping, pernah seminggu udah sampai. Tapi kalau pas lama, bisa lebih dari sebulan.

EMS yang seharusnya express juga menurutku kalau di sini jadi ga express, malah jatuhnya mirip-mirip sama standard shipping nyampenya karena terkendala pajak segala macam. Makanya aku ga suka pake EMS, uda mahal, nyampenya ga cepet-cepet banget, bermasalah pula.

Hmmm.. Kayanya cukup sekian dulu post kali ini. Udah panjang banget kayanya, ntar yang baca pada ketiduran lagi hahaha..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.