Senin, 30 Januari 2017

Tips Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Kali ini aku mau bagi-bagi ritual perawatan wajah berminyak yang recommended dan ampuh banget buatku.
Untuk dicatat, ini semua pengalaman pribadiku dan ditulis berdasarkan opiniku aja ya.
Aku tidak menerima imbalan apapun dari produsen/perusahaan kosmetik apapun yang kusebutkan disini.
Semua produk yang aku sebutkan disini adalah produk yang memang sudah pernah aku coba sendiri.


Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda-beda. Semua yang cocok buatku belum tentu cocok buat kamu juga.
Tips ini tidak punya tujuan lain selain berbagi. Jadi buat kamu yang mau coba, segala resikonya ditanggung masing-masing. Oke? Yuk kita mulai!
Sebagai awal mula, kulit wajahku termasuk yang berminyak parah di T-zone area. Gampang banget ada komedo, jerawatan dan susah sembuhnya. Kebanyakan gede-gede merah kaya bisul. Apalagi kalo udah lagi menstruasi. Jangan ditanya.
Karena kelebihan minyak, aku juga jadi bergantung sama bedak dan kosmetik lain supaya bisa "mengurangi" dan menutupi wajah yang tampak kusam.
Tapi efek sampingnya, jerawatku jadi gak sembuh-sembuh karena tiap hari ditemplokin kosmetik terus-terusan. Apalagi karena gak sabaran dan pengen yang serba instan, aku sempet terjebak dengan produk abal-abal yang banyak berkeliaran di internet. Hasilnya wajahku jadi semakin parah!

Apa kamu punya dilema yang sama? Kalau kamu mampir di blog ini, aku rasa kita bener-bener punya masalah yang sama. Oke. Yuk lanjut bacanya.
Hikmahnya, memiliki keadaan kulit yang kaya gini membuatku lebih concern terhadap perawatan kulit. Rasanya dari jaman ABG sampe sekarang, aku gak pernah berhenti hunting perawatan kulit yang benar-benar ok.

 Ini dia ritualku setiap hari:

1. Setiap bangun pagi, pasti wajahku yang oily ini akan terlihat seperti "kilang minyak" di T-zone area. Rasanya kalo bisa diperes dan dijual, kita bisa jadi Raja Minyak juga. Hahaa... Nah lebih baik langsung aja deh cuci muka dengan facial wash kesayangan. Kamu juga bisa pilih yang khusus untuk kulit berminyak atau mengandung anti jerawat. Aku rekomendasikan Clean & Clear Daily Pore Cleanser atau Sariayu Anti Acne Cleansing Foam. Kedua facial wash ini paling adem dan "kalem" sama kulitku.

2. Setelah cuci muka, ritual yang wajib adalah meringkas pori-pori. Usapkan toner dengan kapas. Toner ini walau kelihatan sepele, tapi penting loh untuk memaksimalkan skin care kita. Kalau aku cocok banget pake Viva Face Tonic Green Tea. Selain harganya murah meriah, ekstrak green tea nya bermanfaat banget buat kulit kita yang acne prone. Kalo mau lebih sensasional, boleh simpen toner ini di kulkas, jadi pas dipake ke kulit kita, rasanya lebih dingin semriwing gitu deh. hehee

3. Setelah itu boleh deh pake make up. Aku sih masih menjunjung tinggi nilai kepraktisan, jadinya bersyukurlah sekarang sudah ada BBcream. Biasanya aku cuma olesin Caring Colour Everlast BBcream. Tunggu sampai bener-bener meresap dan warna kulit terlihat rata. Lanjut deh sama bedak tabur, pensil alis, lipstik dan kawan-kawannya. Untuk make up, hampir semua kosmetik aku dari Oriflame.

4. Beberapa jam kemudian atau di siang harinya biasanya muka udah mulai minyakan lagi.  Apalagi di kantor kita nggak bisa cuci muka dan mengaplikasikan ritual kecantikan kita sedemikian rupa seperti di rumah. Tapi nggak usah khawatir, aku biasa usap pake kertas minyak yang menyerap minyak seketika tapi nggak menghapus make up kita. Aku biasa pake Ovale Face Paper. Selain itu bagi yang muslim, pastinya kalau habis wudhu, minyak akan ikutan kabur. Kesempatan buat kita touch up sedikit dengan bedak.

5. Selesai beraktivitas, sebelum mandi, waktunya ritual yang paling penting. Jangan pernah males membersihkan make up. Karena pada malam hari, make up tidak lain dan tidak bukan adalah racun bagi kulit kita. Membersihkannya juga nggak boleh asal. Wajib pake cleanser yang diaplikasikan dengan kapas. Karena ini efektif mengangkat semua kotoran dan make up yang nempel di kulit. Sesuai dengan tonernya, aku juga pake pasangannya yaitu Viva Milk Cleanser Green Tea.

6. Lanjutkan perawatan wajah dengan mencuci muka dengan facial wash lagi. Kok masih perlu cuci muka lagi? Yaiyalah, yang ini untuk memaksimalkan dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat oleh cleanser. Biar praktis, sekalian mandi aja. Wajah bersih, badan bersih.

7. Habis mandi, biasanya wajah kamu akan terasa nyaman dan bersih. Eits, belum selesai. Sekali lagi aplikasikan toner untuk meringkas pori dan menyegarkan wajah. Ambil toner dari kulkas dan usapkan dengan kapas. Gimana? Seger kan?

8. Pastikan toner sudah meresap dengan baik, sebelum kamu memberi "makan" malam buat kulit wajah. Yap, aplikasikan krim malam kesayanganmu. Jangan salah, kulit berminyak juga tetap memerlukan nutrisi dan vitamin. Kalau aku, masih setia pakai Sariayu Krem Malam White.

Yap, begitu aja ritualnya berulang terus setiap hari. Untuk weekend dan hari libur dimana kamu nggak ada kegiatan di luar rumah, sempetin untuk maskeran juga ya. Tentu saja maskernya juga harus cocok dengan kulit wajah. Buat kulit dengan jerawat yang lagi meradang biasanya hindari masker bengkoang atau masker whitening sejenis.

Kulit yang berminyak ini seperti sudah "dari sananya" begitu. Hampir nggak bisa berubah. Nah, pinter-pinternya kita aja gimana cara merawat kulit yang baik dan benar. Intinya kalau mau wajah bebas dari jerawat, aku percaya nggak ada solusi yang instan. Semuanya harus perawatan. Rajin, niat, tertib.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menghindari jerawat:

-  Jangan terlalu banyak makan gorengan atau makanan berlemak
- Minum air putih dan tidur yang cukup
- Jangan sekali-kali coba kosmetik/produk skin care yang tidak jelas asal usulnya. Pastikan ada nomor BPOM, ada ingredients, ada nama dan alamat produsen, dijual di toko/supermarket yang terpercaya. Wajah kita cuma satu, kalau ada apa-apa gimana ngumpetinnya?
- Produk yang baik adalah produk yang nggak bikin muka terlalu kering, ketarik, gatal ataupun perih.
- Jangan suka pegang2 dan sentuh wajah. Karena meskipun kelihatannya bersih, sebenernya tangan kita itu sumber bakterii...!!!
- Jangan malas cuci muka dan bersihin make up sebelum tidur! Karena saat tidur itulah para bakteri menjelma jadi jerawat di kulit kita.

Dan, kalau ada yang penasaran kenapa aku lebih cenderung pake produk skin care lokal, alasannya ya karena memang itu yang cocok buatku. Nggak perlu mahal, nggak perlu harus barang import, asal berkhasiat dan cocok, kenapa nggak? Cinta Indonesia!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.