Senin, 11 Desember 2017

Soto Semarang Rasanya Bikin Nagih!

Jujur aja, waktu diajakin teman kantorku sarapan pagi dengan menu soto ayam, hati ini agak ngedumel. Di semarang kan banyak makanan lain untuk dijadikan sarapan. Apalagi daftar kuliner kota Semarang yang ingin kusantap banyak banget khususnya makanan-makanan ringan untuk sarapan.

Baiklah, nggak ada salahnya mencoba soto di Semarang selama aku di Semarang emang kebetulan belum pernah sih hihihi, siapa tau jatuh cinta. Temanku mengajak aku mencoba salah satu soto ayam enak di Semarang, tepatnya di kawasan taman KB yang dipenuhi rindang pepohonan. Suasananya adem. Banyak anak muda dan orang tua sedang berolah raga.

Penjual soto ini berjualan di gerobak sederhana disebelah Trotoar. Berjajar tempat duduk  di sepanjang trotoar. Ramai dengan penunjung.
Kami memesan 2 mangkuk soto ayam. Ya iyalah, Seporsi soto ayam tersaji dalam mangkok kecil. Setengah porsi dari soto ayam di Jawa timur. Buat aku pribadi, porsi segini cocok sekali buat sarapan pagi, biar nggak terlalu berat. Meski sedikit tapi lumayan bikin perut kenyang dipagi hari dan menambah energi buat memulai aktifitas.

Soto Ayam Semarang terdiri atas nasi kemudian ditumpangi dengan mie bihun, irisan kol, bawang daun dan seledri. Trus ditambah dengan suwiran ayam lalu disiram dengan kuah dan ditaburi dengan bawang goreng.


Kuahnya ini warnanya putih transparan karena nggak pakai kunyit seperti soto pada umumnya. Jadi sekilas nampak seperti sop ayam. Harum kaldu ayamnya bikin si perut menggeliat. Rasanya seger dan gurih seperti rasa sop ayam tapi dengan aroma rasa serai dan daun jeruk. Rasanya lebih segar lagi jika dihujani perasan jeruk nipis.

Kalau suka rasa manis bisa ditambahkan dengan kecap manis. Biar nggak belepotan dan praktis, kecap manis ini dihidangkan dalam tempat saos kecap khusus. Dan jika pingin bibir jontor alias penyuka pedas, tersedia sambal hijau halus.

Seporsi soto ayam Semarang ini dijual dengan harga Rp. 6000 saja. Setiap penjual dan daerah menghidangkan cita rasa khas tersendiri. Gara-gara temanku ngajak aku makan soto jadi aku tau kalau soto auam di Semarang itu memang enak bikin nagih hihihi. Makasih buat temanku yang udah diperkenalkan dengan Soto Ayam Semarang ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.