Kamis, 08 Maret 2018

Pengalaman Pertama Kalinya Saat Naik Pesawat


Setelah 23 tahun baru pertama aku naik pesawat terbang minggu kemarin. Inget dulu pas masih kecil kalau ada helikopter “Aaa.. helikopter minta duit dong” hihi, siapa coba dulu yang ngajarin. Aku nggak tau kalo beneran ada yang nyebar duit dari helikoper. Ceritanya aku mau pulang ke Jakarta, Nah aku dikasih tiket pesawat Garuda dari Semarang – Jakarta. Karena pertama kali, aku kan bingung ya, di bandara harus kemana, apa bedanya sama naik kereta atau bis, tiketnya bentuknya gimana, nunggu dan masuk pesawatnya lewat mana, apa aja yang dilakuin di dalam pesawat dan banyak hal lainnya yang bikin aku bingung. Aku nulis cerita ini sekaligus ngasih informasi gimana cara naik pesawat bagi orang yang pertama kali seperti aku dulu. Naik pesawat ndak terlalu susah dan menakutkan sebenernya. Kita was – was karena nggak tahu dan takut salah atau ketinggalan pesawat. Harga tiket pesawat memang nggak semurah kereta dan bus tapi masyarakat sekarang udah banyak yang menggunakan transportasi udara untuk menghemat waktu perjalanan.

Sebelumnya aku ngasih beberapa informasi, kalau kalian lihat di daftar harga tiket dari satu perjalanan misal dari Semarang ke Jakarta memiliki harga yang bervariasi. Harga tiket pesawat tergantung dari jam dan maskapainya. Garuda Indonesia memiliki harga yang cukup mahal dibanding maskapai yang lain karena pelayanan di dalam pesawat juga lebih bagus, seperti dapat snack dan ada LCD untuk lihat film, baca artkel, main game, di setiap kursi. Kedua karena waktu, di jam bisnis harga tiket jauh lebih mahal, biasanya pagi, maksudnya kita bisa tiba ditempat tujuan sebelum jam kerja untuk urusan bisnis. Kadang kita bisa dapat tiket murah saat promo. Tiket pesawat hanya bisa dibeli di agent perjalanan atau lewat internet yang menyediakan jasa penjualan tiket seperti Traveloka.com. Tiket pesawat tidak dijual di bandara, dulu bisa sekarang tidak bisa karena peraturan pemerintah. Nah sebenernya yang kita beli dari agent atau web itu bukan tiket naik pesawat, hanya tiket booking yang nanti di bandara akan ditukar dengan tiket untuk naik pesawat yang biasanya di sebut Boarding Pass.

Tiket booking memiliki informasi penting yang harus diperhatikan, seperti jam keberangkatan, anda sangat – sangat disarankan datang setidaknya 30 menit atau 1 jam sebelum keberangkatan, karena 15 menit sebelum keberangkatan itu kalian udah harus masuk pesawat, istilahnya Boarding Time, yaitu persiapan pesawat untuk terbang. Kemudian perhatikan juga Terminal berapa dan Gate berapa, setiap bandara biasanya memiliki beberapa terminal, tapi di lokasi yang berdekatan, kalau bandara kecil kayak di Jember hanya punya satu terminal. Setiap terminal biasanya diisi beberapa maskapai dan jenis penerbangan berbeda misal domestik atau luar negeri. Sebuah maskapai mungkin juga ada di 2 atau lebih terminal di sebuah bandara.

Pertama ingat bawa tiket yang kalian punya saat berangkat, dan berangkat lebih awal lebih baik apalagi kalau ini adalah pengalaman pertama kali. Kalau kalian beli tiket di Traveloka kalian tidak perlu mencetak, tinggal tunjukkan tiket langsung dari aplikasi Traveloka. Kalau kalian beli di agent, biasanya mereka juga mencetakkan untuk kalian. Kalau beli di web biasanya tiket dikirim di email, bisa kalian download dan print sendiri di rumah. Di bandara punya prosedur untuk keamanan sederhana, kalian datang, security check 1, check-in tiket, security check 2, nunggu di waiting room, masuk gate, naik pesawat, selesai deh :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.