Rabu, 08 Februari 2017

Sedikit Pencerahan Untuk Beli Buku Online

Well, aku suka banget beli buku secara online. Alasan nya sederhana: karena praktis tinggal mencet-mencet keyboard, harganya lebih murah, dan koleksinya lebih lengkap. Sebenernya sih alasan paling utama karena aku belum bisa keluar-keluar rumah secara bebas dan jugaaa aku malu buat nanya tentang stok bukunya ke mas-atau-mbak-penjaga-di-toko-buku hehehe..

Kalau dihitung-hitung emang lebih untung beli toko buku online. Kenapa? Karena banyak diskon di toko buku online (meskipun sebenernya aku gak pernah meratiin harga, yang penting barang nyampe) dan juga kita gak perlu nguras tenaga buat ke toko buku doang!

Biasanya yang muncul dari pikiran kita adalah "Apakah bukunya akan sampai?", "Apakah bukunya dalam kondisi yang baik?", "Apakah ada jaminan uang kembali jika stok ternyata tidak ada?", "Apakah akan sampai tepat pada waktunya?", "Bagaimana jika aku sedang tidak ada, dan sang kurir mengantarkan ke rumah?", "Apakah ini bukan penipuan?", dan sebagainya.


Apakah bukunya akan sampai? Nah, makanya biasakan baca dulu review-review yang di search di google. Cari tahu tentang toko buku tersebut, karena memang banyak sekali yang merasa kecewa karena bukunya tidak sampai ke rumah padahal sudah transfer uang. Cari yang benar-benar trusted! Dan juga jangan lupa untuk mencari review dari kaskus. Jujur saja, kalau kaskus itu orangnya benar-benar jujur dan berbagi pengalaman. Bukan sekedar membual dan memuji seperti yang disajikan dalam testimoni sebuah web toko buku online.

Apakah bukunya dalam kondisi yang baik? Sekali lagi, biasakan cari review di google sebelum membeli! Jika tidak ada kejelasan mengenai bagaimana cara menghubungi pihak penjual, maka sebaiknya jangan ambil resiko meskipun buku yang dijual disana sedang dalam diskon besar-besaran. Sejauh ini waktu beli buku di toko buku online sih keadaan masih bagus banget, ga ada lecet. Tapi jika ada cacat dalam produk nya, sebaiknya menghubungi pihak penjual untuk minta penukaran. But for me, it's not problem at all. Kalau cacatnya cuma sedikit seperti sampul tersobek sedikit atau ya cacat yang tidak memengaruhi terhadap isi teks buku sebaiknya ga usah komplain. Karena akan memakan waktu kembali jika melakukan penukaran buku. (Dan for your information, biasanya lama banget!)

Apakah ada jaminan uang kembali jika stok ternyata tidak ada? Okay, ini tergantung dari pihak toko buku online tersebut. Ada yang bisa me-refund (dikembalikan kembali uangnya) dan ada yang tidak. Ada juga yang hanya bisa diganti dengan buku lain (so, rugi bangets kalau sisa uang nya banyak ya?). Hal seperti ini seringkali terjadi, terutama pada toko buku online yang malas untuk meng-update tentang kesediaan stok dari buku-bukunya. Maka dari itu, aku sarankan untuk membeli buku di toko buku online yang penjualnya mudah dihubungi. Dari yang aku baca, BukaBuku.com adalah toko buku online yang paling cepat merespon pelanggan.

Apakah akan sampai tepat pada waktunya? Ini tergantung. Toko buku online biasanya akan memberikan penjelasan kira-kira berapa hari buku akan sampai. Biasanya dibutuhkan waktu 1-2 hari untuk mengambil buku dari pihak penerbit (jika bukunya sedang tidak ada), dan memakan waktu 3-5 hari untuk sampai ke tempat tujuan. Ada beberapa orang yang bisa sampai sebelum waktu yang ditargetkan, dan ada juga orang yang justru lamaaa sekali baru sampai ke tempat tujuan (diatas perkiraan target).

Bagaimana jika aku sedang tidak ada, dan sang kurir mengantarkan ke rumah? Biasanya sang kurir akan menelepon. So, pastikan nomer telepon yang Anda berikan selalu dalam keadaan aktif. Ini terjadi pada aku ketika membeli buku dan aku ketiduran sampai tidak mendengar suara bell. Sang kurir menelepon untuk memberitahukan bahwa Ia sudah berada didepan rumah aku.

Apakah ini bukan penipuan? Well, menurut aku kalau untuk online bookstore yang sudah "wah" seperti BukuKita.com dan BukaBuku.com kayaknya kecil kemungkinan bakalan jadi penipuan. Tetapi jika melihat online bookstore yang ecek-ecek dalam artian bentuk web yang sangat tidak menjanjikan, tidak ada contact untuk menghubungi penjual, dan sebagainya, maka Anda harus pikir 2-100 kali untuk membeli disana.

Berdasarkan pada pengalaman aku sih baik-baik aja. aku sudah 2x beli di BukuKita.com, stok nya lengkap, harganya murah, banyak event, banyak promo, dan banyak diskon. Pas buat kantong yang lagi kanker :b. And for your information, aku pernah dapet undian dari BukuKita.com dan mendapat buku gratisss dari BukuKita.com (ongkirnya juga gratis, lho!). Kekurangan dari BukuKita.com adalah pelayanan nya yang buruk. Untuk menanyakan sesuatu mereka akan lama sekali menjawab nya. Jika dibalas pun terkadang seperti ngobrol dengan robot. Tapi, aku sudah beli disini 2x dan bonus 1x semuanya sampai ke tempat tujuan.

Pengalaman aku yang kedua adalah di BukaBuku.com. Toko buku ini sangat ramah dan cepat membalas pertanyaan pelanggan. Waktu yang dibutuhkan mereka sesuai dengan target. Sejauh ini, aku rasa BukaBuku.com merupakan toko buku online dengan tingkat kepuasan pelanggan tertinggi :)

Jadi, masih takut untuk beli buku secara online?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.